Tulisan berjalan

Pendidikan adalah Investasi Masa Depan

Kamis, 22 Maret 2018

Silabus MPPC



NAMA SEKOLAH                 :    SMK NEGERI 2 TAMIANG LAYANG
MATA PELAJARAN              :    Perakitan Komputer (PC Instalation)
KELAS/SEMESTER             :    X/I
STANDAR KOMPETENSI   :    Menginstalasi PC
KODE  KOMPETENSI          :    HDW.DEV.100.(2).A
ALOKASI WAKTU                 :    12   X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
§ Jenis-jenis peralatan / komponen pada PC serta spesifikasi masing-masing
§ Memilih peralatan/ komponen PC secara teliti.
§ Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing
§ Menjelaskan jenis-jenis piranti  input  dan output serta spesifikasi dan perkembangannya
§  Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkem-bangannya.
§ Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC
§ Menjelaskan fungsi  Pheriferal yang sudah terintegrasi pada sebuah PC
§ Daftar kebutuhan dan spesifikasi komputer  telah tersedia
§ Buku manual dan petunjuk pengoperasian komponen telah tersedia

§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Tes Praktek
§ Produk
§ Pengamatan/ Observasi

2
2(4)
-
§ Buku Konsep hardware PC
§ Katalog  Pheriferal PC
§  Pheriferal PC
2.  Menginstalasi komponen PC
§ Langkah-langkah perakitan komputer serta prosedur dan keselamatan kerja pada saat merakit komputer

§ Melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengopera-sian peralatan
§ Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC
§ Menjelaskan prosedur baku perakitan
§ Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
§ Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
§ Menginstalasi komponen PC
§ Prosedur / SOP perakitan disiapkan
§ Peralatan instalasi (tools kit) disiapkan
§ Perangkat yang ingin diinstalasi diuji sesuai dengan manual tiap-tiap komponen
§ Perangkat PC dirakit menggunakan prosedur, cara/metode dan peralatan yang sudah ditentukan
§ Tes Tertulis
§  Diskusi
§ Tes Praktek
§ Pengamatan/ observasi

2(4)
--
§ Buku Konsep hardware PC
§ Katalog  Pheriferal PC
§  Pheriferal PC
§ Manual  Pheriferal PC
3.  Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui sistem operasi)
§ Jenis-jenis BIOS
§ Menu pada BIOS dan fungsi masing-masing
§ Mengikuti prosedur dalam pengaturan BIOS
§ Mengidentifikasi  komponen PC yang membutuhkan aktivasi melalui BIOS
§ Melakukan setting BIOS pada berbagai jenis PC.
§ Komponen PC (misal VGA dan Sound Card On Board) diatur menggunakan software, baik yang merupakan software bawaan ataupun melalui BIOS, sesuai dengan buku manual tiap-tiap komponen
§ Tes Tertulis
§  Diskusi
§ Tes Praktek

2(4)
-
§ Buku Konsep hardware PC
§ Katalog  Pheriferal PC
§  Pheriferal PC
§ Manual  Pheriferal PC
4.  Menyambung / memasang periferal (secara fisik) dan setting periferal menggunakan software
§ Jenis-jenis dan fungsi periferal standard
§ Jenis dan fungsi perangkat identifikasi modern (misal : barcode, finger scan, retina scan)
§ Jenis, fungsi dan prinsip kerja perangkat
§ penyimpanan modern (misal : flash disk, DVD Ram, card reader, CD RW, DVD RW)
§ Jenis, fungsi dan prinsip kerja perangkat komunikasi (misal : modem, IrDA, WiFi, Bluetooth)
§ Cara memasang periferal pada PC
§ Cara mensetting periferal pada PC
§ Mengikuti prosedur pemasangan periferal pada PC
§ Menguraikan jenis dan fungsi periferal yang digunakan pada PC
§ Memasang periferal pada PC
§ Mensetting periferal pada PC

§ Menjelaskan jenis dan fungsi periferal standar

§ Menjelaskan jenis dan fungsi perangkat identifikasi dan modem

§ Mendiskusikan jenis, fungsi, dan prinsip kerja macam-macam perangkat penyimpanan

§ Menjelaskan cara memasang perangkat periferal pada PC

§ Menjelaskan cara mensetting periferal pada PC
§ Periferal dipasang / disambung sesuai dengan SOP
§ Periferal disetting dengan software spesifik sesuai dengan buku manual
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Tes Praktek
§ Produk
§ Pengamatan/ Observasi


2(4)
-
§ Buku Konsep hardware PC
§ Katalog  Pheriferal PC
§  Pheriferal PC
§ Manual  Pheriferal PC
§ Toolkit
5.  Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
§ Cara identifikasi hasil perakit-an PC dan pemasangan periferal
§ Mengikuti aturan dalam pengujian PC dan periferal
§ Menjelaskan tujuan, produk, prosedur dan cara penggunaan per-alatan untuk diagnosis

§ Memeriksa hasil pera-kitan PC


§ Memeriksa hasil pema-sangan periferal

§ Menguji PC yang telah dirakit

§ Mengecek PC yang digunakan

§ Mengecek kinerja dari PC yang digunakan

§ Mengecek kegunaan periferal apakah sudah sesuai dengan fungsinya

§ Mengecek hasil pemeriksaan yang telah dilakukan pada perakitan PC

§ Melaporkan hasil pemesangan periferal pada PC

§ Mengisi Report Sheett, log sheet

§ Hasil perakitan PC dan pema-sangan periferal diidentifikasi
§ Perakitan, jenis komponen dan setting yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP yang berlaku.
§ PC yang telah dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik
§ PC dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja
§  pada unit kompetensi HDW.OPR.101.(1).A atau HDW.OPR.102.(1).A
§ Periferal dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi HDW.OPR.105.(1).A
§ Hasil yang diperoleh pada pemeriksaan hasil pera-kitan PC dan pemasangan periferal dilaporkan sesuai dengan format dan pro-sedur yang telah ditetap-kan (pada log-sheet / report-sheet).
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Tes Praktek
§ Pengamatan/ Observasi


2(4)
-
§ Buku Konsep hardware PC
§ Katalog  Pheriferal PC
§  Pheriferal PC
§ Manual  Pheriferal PC
§ Multimeter



NAMA SEKOLAH                 :    SMK NEGERI 2 TAMIANG LAYANG
MATA PELAJARAN              :    Perakitan PC
KELAS/SEMESTER             :   
STANDAR KOMPETENSI   :    Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
KODE                                      :    HDW.MNT.201.(2).A
ALOKASI WAKTU                 :    12   X 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul

§ Jenis-jenis suara dan penampakan visual yang melambangkan masalah terhadap pengoperasian PC dan periferal
§ Performansi dan kondisi pada PC
§ Menunjukkan sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada PC

§ Memperlihatkan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul

§ Mengidentifikasi jenis-jenis pesan/peringat-an kesalahan pada pengoperasian PC

§ Menguraikan fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen pada PC

§ Mengidentifikasikan gejala pada pengope-rasian PC dan periferal
§ Menjelaskan pesan yang ditampilkan bila terjadi kesalahan
§ Menjelaskan cara mengidentifikasi kesalahan saat  Power ON Self Test (POST)
§ Menjelaskan cara mengidentifikasi kesalahan saat  aktivasi sistem operasi
§ Mengamati pesan yang ditampilkan saat terjadi kesalahan dengan cara merubah posisi periferal
§ Mengamati penyimpangan fungsi yang terjadi saat dilakukan perubahan posisi periferal
§ Mengamati penyebab terjadinya perintah yang tidak berjalan normal
§  
§ Mengamati penyebab terjadinya penurunan performansi terhadap kondidi normal sebelumnya
§ Pesan/peringatan kesalahan, jenis suara, dan atau jenis penampak-an visual yang muncul sebagai error menurut user manual diidentifikasi, baik saat Power-On-Self-Test (POST), aktifasi file sistem operasi, maupun saat PC digunakan.
-   Jenis reaksi yang seharusnya terjadi atau tidak terjadi dari perangkat diidentifikasi, seperti:
-   Kondisi hanging
-   PC melakukan booting berulang-ulang
-   Reaksi yang seharusnya terjadi pada komponen /modul ter-nyata tidak terjadi, misalnya:  monitor tidak ada tampilan sama sekali, tidak bisa melakukan perintah copy ke suatu partisi harddisk, software image editor selalu hanging setelah image scanner selesai melakukan scanning.
§ Penyimpangan fungsi peralatan input/output , misalnya : keyboard tiba-tiba tidak berfungsi
§ Perintah yang tidak berjalan pada kondisi normal, misalnya: tidak bisa shutting-down
§ Ada penurunan performansi (respond time dan atau visual) secara nyata/signifikan (kualitatif/ relatif) terhadap kondisi normal sebelumnya

§   Tes Tertulis
§   Tes Lisan
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi

2
2(4)
-
§ Buku Manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
2.  Memilah masalah berdasarkan kelompoknya

§ Klasifikasi permasalah-an pada pengoperasian PC
§ Menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat

§ Merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan


§ Memisahkan kelom-pok permasalahan yang terjadi pada PC berdasarkan hard-ware, software, lingkungan kerja, peng-operasian, dan penyebab eksternal.
§ Memilah permasalah-an yang terjadi pada pengoperasian PC
§  
§ Mengklasifikasi masalah berdasarkan kelompok
§ Mengklasifikasi masalah berdasarkan software

§ Mengklasifikasi masalah berdasarkan lingkungan kerja

§ Mengklasifikasi masalah berdasarkan pengoperasian hardware

§ Mengklasifikasi kesalahan berdasarkan penyebab eksternal

§ Mengidentifikasi kemungkinan kesalahan yang terjadi akibat gabungan masalah Hardware, software, driver periferal yang tidak didukung oleh chipset dan mainboard PC















§ Menentukan hipotesa awal dari tampilan kesalahan yang terjadi

§ Membuat tabel klasifikasi kesalahan yang  terjadi berdasarkan hasil pengamatan




§ Masalah diklasifikasikan berdasarkan kelompok:
- Di sisi hardware, misalnya: kerusakan komponen di dalam unit sistem PC, masalah konektifitas, memori tidak cukup, power supply casing tidak bisa menanggung tambahan periferal internal, resolusi maksimal VGA card tidak sama dengan monitornya
- Di sisi software, misalnya driver yang tidak compatible dengan jenis periferalnya
- Adanya kesalahan pemakaian yang tidak sesuai dengan lingkungan kerja yang disyaratkan, misalnya: temperatur ruangan
- Adanya kesalahan pengoperasian hardware (misalnya: penggunaan kertas yang melebihi ketebalan maksimal yang disyaratkan pada printer) atau software (misalnya: melakukan CD burning sementara ada aplikasi di latar belakang yang sedang running) yang tidak sesuai dengan user manual
-    Karena virus, batas lisensi software, penyebab eksternal (seperti kestabilan tegangan jala-jala), dan atau hal lainnya
§ Diidentifikasi jika ada kemungkin-an masalah yang muncul dari gabungan hardware, software, dan atau penyebab lainnya, misalnya software driver periferal yang tidak didukung oleh chipset dari mainboard PC
§ Ditentukan hipotesa awal apakah merupakan masalah hardware atau software, jika gejala yang muncul bukan gejala spesifik/khas dari permasalahan salah satu kelompok tersebut

§   Tes Tertulis
§   Tes Lisan
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi
§Diskusi
2
2(4)
-
§ Buku Rangkaian elektronik
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Pheriferal komputer
§ Multimeter
3.  Mengisolasi permasalahan

§ Urutan pemeriksaan yang sistematis dalam pelaksanaan diagnosa permasalahan
§ Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengisolasi sumber permasalahan
§ Mengikuti prosedur pemeriksaan dalam mendiagnosa permasalahan

§ Memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan


§ Melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengoperasian peralatan

§ Menjelaskan urutan pemeriksaan dan diagnosa permasalahan

§ Menunjukkan prosedur pengisolasian masalah pada peng-operasian PC dan periferal

§ Mengisolasi permasalahan yang timbul saat pengoperasian PC stand alone dan periferalnya
§ Menjelaskan urutan pemeriksaan sesuai dengan proses diagnosis
§ Mengecek terjadinya  masalah dan mendiagnosis permasalahannya
§ Melakukan tindakan perbaikan dari hasil diagnosa permasalahan
§ Membuat laporan hasil diagnosa permasalahan  yang terjadi
§ Urutan pemeriksaaan yang sesuai ditentukan, agar proses diagnosis dan atau perbaikan tidak menimbulkan permasalahan baru lainnya, misalnya: tidak melakukan format harddisk jika masalah sebenarnya adalah power supply dari casing
§ Urutan pemeriksaaan yang sesuai ditentukan, jika gejala yang muncul sama untuk masalah dengan penyebab yang berbeda, misalnya: tidak bisa mencetak (bisa dari LPT port, koneksinya, atau printernya)
§ Tindakan yang bisa dilakukan saat diagnosis dengan cara penukaran perangkat/modul sebagai langkah isolasi sumber permasalahan ditentukan.


§   Tes Tertulis
§   Tes Lisan
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi
§Diskusi

2
2(4)
-
§ Buku Rangakaian elektronik
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Pheriferal komputer
§ Multimeter


















NAMA SEKOLAH                 :    SMK NEGERI 2 TAMIANG LAYANG
MATA PELAJARAN              :    Perakitan PC
KELAS/SEMESTER             :   
STANDAR KOMPETENSI   :   Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC
KODE                                      :    HDW.MNT.203.(2).A
ALOKASI WAKTU                 :    12   X 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Mempersiapkan perbaikan PC yang bermasalah
§ Teknik pemeriksaan spesifikasi hardware
§ Teknik Penanganan permasalahan hardware
§ Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan PC
§ Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan PC berdasarkan hasil diagnosis
§ Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan PC
§ Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat
§ Spesifikasi hardware terpasang diperiksa
§ Pemeriksaan status/history/log sheet hasil perawatan dan atau perbaikan yang terakhir dilakukan (jika ada).
§ Prosedur, metode, dan peralat-an bantu pemeriksaan (seperti tools kit) yang akan digunakan (sesuai SOP) disiapkan
§ Hasil diagnosis permasalahan sesuai unit kompetensi HDW.MNT.201.(2).A disiapkan
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi

2
2(4)

§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
2.  Memperbaiki PC
§ Gejala kerusakan pada komponen PC
§ Langkah-langkah penggantian komponen PC
§ Melaksanakan Keaman-an dan Keselamatan Kerja (K3) dalam mem-perbaiki PC

§ Mengidentifikasi komponen PC yang mengalami kerusakan

§  
§ Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen PC

§ Menguraikan langkah-langkah korektif untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada komponen lainnya

§ Memeriksa komponen PC menggunakan cara/ metode yang sesuai dengan SOP

§ Mengganti komponen PC yang mengalami kerusakan


§ Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian PC yang lain

§ Melakukan tindakan korektif pada kesalahan yang terjadi

§ Melakukan setting komponen dan sistem PC sesuai dengan instruction manual dan SOP

§ Melakuka pemeriksaan pada komponen PC yang diperbaiki

§ Mengecek fungsionalitas komponen PC yang diganti atau diperbaiki
§ Perbaikan, penggantian komponen, dan atau setting ulang sistem PC menyangkut:
-   Bagian/komponen PC diperiksa secara fisik maupun fungsionalitasnya mengguna-kan cara/ metode dan per-alatan sesuai instruction manual dan SOP, dan dilakukan tindakan korektif agar bagian/ komponen PC tersebut berada dalam kondisi yang seharusnya
-   Jika dibutuhkan, komponen PC yang tidak berfungsi/rusak diganti dan dilakukan setting pada komponen dan sistem PC sesuai dengan instruction manual dan SOP yang ber-laku
-   Komponen PC yang diper-baiki/diganti diperiksa fung-sionalitasnya, dan dilakukan tindakan korektif agar komponen
-   PC tersebut berada dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana yang seharusnya
§   Tes Tertulis
§   Tes Lisan
§   Tes Praktek
§   Produk
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
2(8)
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit


§  Mengecek keberhasilan POST (Power On Self Test) dan aktivasi sistem

§  Melakukan tindakan korektif agar proses aktivasi sistem operasi dapat berjalan pada pengkondisian kondidi normal
-       Keberhasilan pada tahap Power-On-Self-Test (POST) dan aktivasi sistem operasi, serta dilakukan tindakan korektif agar proses Power-On-Self-Test (POST) dan aktivasi sistem operasi dapat berjalan pada pengoperasian kondisi normal





3.  Memeriksa hasil perbaikan PC

§ Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaik-an
§ Melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP
§ Menguraikan  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang sistem PC
§ Membuat  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang sistem PC
§ Hasil pengecekan dan perbaik-an diidentifikasikan
§ Perbaikan, penggantian komponen, dan atau setting ulang sistem PC yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP yang berlaku
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
2(8)
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit













NAMA SEKOLAH                 :    SMK NEGERI 2 TAMIANG LAYANG
MATA PELAJARAN              :    Perakitan PC
KELAS/SEMESTER             :   
STANDAR KOMPETENSI   :    Melakukan perbaikan periferal
KODE                                      :    HDW.MNT.204.(2).A
ALOKASI WAKTU                 :    12   X 45 menit




KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Mempersiapkan perbaikan periferal yang bermasalah
§ Jenis-jenis periferal dan spesifikasi serta cara pemeriksaannya

§ Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan periferal
§ Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan periferal berdasar-kan hasil diagnosis
§ Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan periferal
§ Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
§ Mengoperasikan alat ukur dalam membantu perbaikan periferal
§ Spesifikasi periferal diperiksa
§ Pemeriksaan status/ history/ log sheet hasil perawatan dan/atau perbaikan yang terakhir dilakukan (jika ada).
§ Prosedur, metode, dan peralatan bantu pemeriksaaan (seperti tools kit) yang akan digunakan (sesuai SOP) disiapkan
§ Hasil diagnosis permasalahan sesuai unit kompetensi HDW.MNT.201.(2).A disiapkan




§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi

2


§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
2.  Memperbaiki periferal

§ Gejala kerusakan pada periferal
§ Langkah-langkah pengganti-an komponen periferal
§ Melaksanakan Keaman-an dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki periferal
§ Mengidentifikasi komponen periferal yang mengalami kerusakan
§ Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen periferal
§ Menguraikan langkah-langkah korektif untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada komponen lainnya
§ Melakukan pengecekan bagian periferal sesuai instruction manual dan SOP

§ Melakukan tindakan korektif bagian periferal agar berada dalam kondisi yang seharusnya
§  Perbaikan, penggantian komponen, dan atau setting ulang periferal menyangkut:
§ Bagian periferal/peralatan eksternal diperiksa secara fisik mau-pun fungsionalitas menggunakan cara/ metode dan peralatan sesuai instruction manual dan SOP, dan dilakukan tindakan korektif (misalnya apakah akan diperbaiki sendiri atau dibawa ke vendornya) agar bagian periferal tersebut berada dalam kondisi yang seharusnya
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§   Produk
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
2(8)
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit


§ Memeriksa komponen periferal menggunakan cara/metode yang sesuai dengan SOP

§ Mengganti komponen periferal yang mengalami kerusakan


§ Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian periferal yang lain
-   Jika dibutuhkan, komponen periferal yang tidak berfungsi/rusak diganti dan dilakukan setting sesuai dengan instruction manual dan SOP yang berlaku
-    Periferal yang diperbaiki diperiksa fungsionalitasnya, dan dilakukan tindaan korektif agar periferal tersebut berada dalam kondisi dan berfungsi sebagaimana yang seharusnya





3.  Memeriksa hasil perbaikan periferal

§ Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan
§ Melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP
§ Menguraikan  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang periferal
§ Membuat  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang periferal
§ Hasil pengecekan dan per-baikan diidentifikasikan
§ Perbaikan dan atau penggantian komponen periferal yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP yang berlaku
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
4(8)
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit





    
NAMA SEKOLAH                 :    SMK NEGERI 2 TAMIANG LAYANG
MATA PELAJARAN              :    Perakitan PC
KELAS/SEMESTER             :   
STANDAR KOMPETENSI   :    Melakukan perawatan PC
KODE                                      :    HDW.MNT.101.(2).A
ALOKASI WAKTU                 :    12   X 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Menyiapkan perawatan PC

§ Jenis alat dan bahan pem-bersih yang sesuai untuk PC

§ Melaksanakan keaman-an dan Keselamatan Kerja (K3) dalam merawat PC
§ Menguraikan jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai dengan periferal.
§ Menjelaskan hubungan antara trouble-shooting pada PC dengan kebersihan komponen PC
§ Mengatur jadwal perawatan PC

§ Jadwal dan prosedur pera-watan disiapkan
§ Peralatan perawatan (tools kit) disiapkan.
§ Peralatan dan bahan pembersih disiapkan
§ Status/history/log sheet hasil perawatan sebelumnya diperiksa, jika ada
§ Bagian/komponen PC diber-sihkan menggunakan prosedur, cara/ metode dan bahan/ peralatan yang sudah ditentukan
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi

2

-
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
2.  Melakukan perawatan PC
§ Langkah-langkah perawatan PC
§ Jenis-jenis korosi pada komponen PC
§ Menjelaskan prosedur pembersikan komponen pada PC
§ Menjelaskan jenis-jenis korosi pada komponen dan penyebabnya
§ Membersihkan dan merawat bagian-bagian PC secara teratur
§ Bagian/komponen PC, perkabelan, dan sambungan (periferal maupun jaringan) diperiksa secara fisik menggunakan prosedur, cara/ metode dan peralatan yang sudah ditentukan
§ PC dan pheriferal terhindar dari korosi
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§   Produk
§Pengamatan/ Observasi


4(8)
-
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
3.  Memeriksa hasil perawatan PC




§ Penggunaan software utilitas dalam pengecekan kondisi komponen PC





§ Memilih peralatan / komponen PC serta software yang akan digunakan secara teliti

§ Menjelaskan jenis-jenis software utilitas yang digunakan untuk menge-cek kondisi komponen PC (Misal : Norton utility, water-fall, dan lain-lain
§ Memeriksa hasil pera-watan PC secara fisik maupun menggunakan software utilitas

§  Mengidentifikasi penyebab kondidi abnormal dari PC

§  Melakukan tindakan korektif untuk mengatasi kondisi abnormal sesuai dengan SOP

§  Mengecek fungsionalitas komponen PC dengan menggunakan software utilitas

§ PC dapat dihidupkan dengan normal sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi HDW.OPR.101.(1).A atau HDW.OPR.102.(1).A
§ Keberadaan dan fungsiona-litas komponen PC hasil pengecekan menggunakan software utilitas sesuai dengan spesifikasi PC yang diperiksa
§ Penyebab dan kondisi yang abnormal diidentifikasi dan dicatat
§ Tindakan korektif yang bisa segera diambil untuk meng-atasi kondisi abnormal sesuai dengan SOP
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
-
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
§ Software Utilitas
4.  Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan PC

§ Langkah penanganan perma-salahan pada pengoperasian PC
§ Penyusunan laporan
§ Memperlihat-kan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul
§ Menjelaskan langkah-langkah korektif yang dapat diambil untuk mengatasi kondisi abnormal
§ Melakukan langkah korektif terhadap kondisi abnormal pada pengope-rasian PC
§ Membuat laporan pera-watan PC
§ Laporan dibuat sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§   Produk
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
2(8)
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit

NAMA SEKOLAH                : SMK NEGERI 2 TAMIANG LAYANG
MATA PELAJARAN            : Perakitan PC
KELAS/SEMESTER            :
STANDAR KOMPETENSI :  Melakukan perawatan periferal
KODE                                    : HDW.MNT.102.(2).A
ALOKASI WAKTU               :  8   X 45 menit



KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
SIKAP
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.  Menyiapkan perawatan periferal

§ Jenis-jenis peralatan dan bahan pembersih
§ Pengisian history/log sheet

§ Memilih peralatan dan bahan pembersih  secara teliti
§ Menguraikan jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai dengan periferal.
§ Menjelaskan hubungan antara troubleshooting pada periferal dengan kebersihan komponen periferal
§ Mengatur jadwal perawatan periferal
§ Jadwal dan prosedur perawat-an disiapkan
§ Peralatan perawatan (tools kit) disiapkan
§ Peralatan dan bahan pember-sih disiapkan
§ Status/history/log sheet hasil perawatan sebelumnya di-periksa
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi

2

-
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
2.  Melakukan perawatan periferal

§ Langkah-langkah perawatan periferal
§ Jenis-jenis korosi pada komponen periferal

§ Menjelaskan prosedur pembersikan komponen pada periferal
§ Menjelaskan jenis-jenis korosi pada komponen dan penyebabnya
§ Membersihkan dan merawat bagian-bagian periferal  secara teratur


§ Bagian/komponen periferal dibersihkan menggunakan prosedur, cara/metode dan bahan/peralatan yang sudah ditentukan
§ Pemeriksaan kabel dan sambungan ke PC menggunakan prosedur, cara/ metode yang sudah ditentukan
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§   Produk
§Pengamatan/ Observasi

2

-
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
3.  Memeriksa hasil perawatan periferal

§ Penggunaan software utilitas dalam pengecekan kondisi periferal

§ Memilih peralatan/ komponen periferal serta software yang akan digunakan secara teliti
§ Menjelaskan jenis-jenis software utilitas yang digunakan untuk menge-cek kondisi periferal (misal : Norton Utility, System Configuration Utility
·     Memeriksa hasil pera-watan periferal secara fisik maupun mengguna-kan software utilitas
§ Periferal dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi HDW.OPR.105.(1).A
§ Penyebab dan kondisi yang abnormal diidentifikasi dan dicatat
§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
-
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
§ Software Utilitas
4.  Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan periferal

§ Langkah penanganan permasalahan pada pengoperasian PC
§ Penyusunan laporan
§ Menunjukkan sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada periferal
§ Memperlihatkan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul
§ Menjelaskan langkah-langkah korektif yang dapat diambil untuk mengatasi kondisi abnormal
§ Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
§ Melakukan langkah korektif terhadap kondisi abnormal pada pengoperasian periferal
§ Membuat laporan perawatan periferal
§ Tindakan korektif yang bisa segera diambil untuk mengatasi kondisi abnormal sesuai dengan SOP dilaksanakan
§ Laporan dibuat sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan

§   Tes Tertulis
§   Tes Praktek
§Pengamatan/ Observasi


2(4)
-
§ Buku manual Pheriferal
§ Internet
§ Majalah Komputer
§ Komputer
§ Toolkit
Keterangan

TM          : Tatap Muka
PS           : Praktek di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI            : Praktek di Industri  (4 jam praktik di Du/ Di setara dengan 1 jam tatap muka)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar